Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Keluhan Muskuloskeletal Saat Menyetrika Pada Pekerja Laundry Dukuh Gatak Kelurahan Pabelan

Sudarmawan, Sudarmawan and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis and , Sugiono S.Fis.MH.Kes (2012) Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Keluhan Muskuloskeletal Saat Menyetrika Pada Pekerja Laundry Dukuh Gatak Kelurahan Pabelan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (683kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)

Abstract

Keluhan muskuloskeletal merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan dan keselamatan pekerja. Bagian otot yang sering dikeluhkan oleh pekerja adalah otot leher, bahu, lengan, tangan, jari, punggung, pinggang. Berdasarkan stud i pendahuluan yang dilakukan terhadap 10 pekerja laundry 8 diantaranya mengalami keluhan otot seperti nyeri atau pegal-pegal pada leher, bahu, dan punggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase faktor risiko yang mempengaruhi keluhan muskuloseletal saat menyetrika pada pekerja laundry di Dukuh Gatak Kelurahan Pabelan tahun 2012 yang terdiri dari faktor usia, indeks massa tubuh, masa kerja dan durasi kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang dilakukan pada bulan september 2012. Sampel penelitian ini berjumlah 51 orang dengan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu descriptive statistics prosentage data melalui crosstab untuk melihat presentase antara variabel usia, indeks massa tubuh, masa kerja dan durasi kerja dengan keluhan muskuloskeletal. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar pekerja mengalami keluhan muskuloskeletal yaitu sebanyak 49 responden (94,2%). Persentase keluhan yang paling sering dirasakan oleh pekerja yaitu pada bagian punggung bawah (54,9%), bagian bahu (29,4%), dan bagian leher (5,9%). Disarankan bagi pekerja untuk memanfaatkan istirahat sebaik mungkin, hindari duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lebih dari 30 menit dan kursi yang digunakan sebaiknya kursi yang ada sandaran dan ada roll back untuk meminimalkan terjadinya keluhan pada punggung bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keluhan muskuloskeletal, faktor risiko, laundry.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2012 08:40
Last Modified: 10 Nov 2016 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21940

Actions (login required)

View Item View Item