Hubungan Antara Masa Kerja Dengan Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah (Npb) Pada Karyawan Kantor PT. Krakatau Steel Di Cilegon Banten

Ayuningtyas, Santie and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes (2012) Hubungan Antara Masa Kerja Dengan Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah (Npb) Pada Karyawan Kantor PT. Krakatau Steel Di Cilegon Banten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi_santie.pdf

Download (552kB)

Abstract

Masa kerja merupakan akumulasi aktivitas kerja seseorang yang dilakukan dalam jangka waktu panjang, apabila aktivitas tersebut dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu bertahun-tahun tentunya dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh. Masa kerja menyebabkan beban statik yang terus menerus apabila pekerja tidak memperhatikan faktor-faktor ergonomi maka akan lebih menimbulkan keluhan NPB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara masa kerja dengan risiko terjadinya nyeri punggung bawah (NPB) pada karyawan kantor PT. Krakatau Steel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012. Karyawan kantor PT. Krakatau Steel mengisi lembar kuesioner yang terdiri dari beberapa pertanyaan dan terdapat lembaran yang berisi parameter untuk nyeri punggung bawah yaitu skala lima tingkat. Penelitian ini berjenis observasional dengan metode cross sectional. Pengolahan dan analisis data terdiri dari uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dan uji chi square dengan menggunakan SPSS 16.0 for window untuk melihat hubungan antara masa kerja dengan risiko terjadinya nyeri punggung bawah (NPB) pada karyawan kantor PT. Krakatau Steel. Hasil penelitian secara deskriptif dari 84 sampel terdapat 40% yang mengalami nyeri punggung bawah dan secara analisis dengan chi square didapatkan nilai psig 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa psig<0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara masa kerja dengan risiko terjadinya nyeri punggung bawah (NPB) pada karyawan kantor PT. Krakatau Steel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: masa kerja, nyeri punggung bawah
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2012 06:37
Last Modified: 10 Nov 2016 04:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21930

Actions (login required)

View Item View Item