Pengaruh Terapi Shortwave Diathermy (SWD) Dan Ultrasound (US) Terhadap Penurunan Nyeri Pada Penderita Osteoartrhitis Knee

Komariyah, Isti and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes (2012) Pengaruh Terapi Shortwave Diathermy (SWD) Dan Ultrasound (US) Terhadap Penurunan Nyeri Pada Penderita Osteoartrhitis Knee. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

OA atau juga disebut dengan penyakit sendi degeneratife adalah suatu kelainan pada kartilago (tulang rawan sendi) yang ditandai perubahan klinis, histologist dan radiologis. Mengenai sekitar 7% populasi amerika serikat, mengenai 60% sampai 70% orang berusia lanjut atau lebih dari 60 tahun.Yang bertujuan Untuk mengetahui pengaruh ultrasound (US) terhadap penurunan nyeri pada kondisi OA, Untuk mengetahui pengaruh SWD terhadap penurunan nyeri pada kondisi OA dan Untuk mengetahui perbedaan pengaruh pemberian ultra sound (US) dan SWD terhadap nyeri pada OA. Tempat penelitian dilaksanakan di “Rumah sakit tingkat II dr. Soedjono’’ Magelang selama 3 minggu. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan pendekatan quasi eksperiment dan dengan desain penelitian pre and post-test two group design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 12 sampel. Diberikan terapi SWD dan Ultrasound yang sebelum dilakukan terapi terlebih dahulu subyek di ukur nyerinya dengan menggunakan alat ukur VAS. SWD dan Terapi diberikan kepada subyek selama 15-20 menit untuk SWD dan 5-10 menit untuk Ultrasound, terapi diberikan 3 kali dalam seminggu selama 6 kali terapi. Hasil uji t, Kemudian dilakukan uji homogenitas antara terapi Ultrasound dan SWD didapatkan nilai p=0,307 (p<0,05). Uji beda pengaruh nyeri OA dengan terapi Ultrasound dan SWD menggunakan uji Paired sample t Test didapatkan nilai p=0,001 (p<0,05) untuk terapi Ultrasound dan p=0,004 (p<0,05) untuk terapi SWD. Hasil uji beda pengaruh pemberian terapi Ultrasound dan SWD menggunakan uji parametrik yaitu uji independent t test didapatkan nilai p=0,034 (p<0,05). Dimana hasil penelitian menunjukkan adannya beda penggaruh pemberian terapi Ultrasound dan SWD pada penderita OA knee.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SWD, Ultrasound, Osteoartritis.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2012 07:34
Last Modified: 10 Nov 2016 05:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21917

Actions (login required)

View Item View Item