FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH (Studi Kasus di BNI Syari’ah Surakarta)

Hidayati , Tina (2008) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH (Studi Kasus di BNI Syari’ah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040270.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
B200040270.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih lembaga keuangan syari’ah dan mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih lembaga keuangan syari’ah. Populasi penelitian ini adalah 3000 orang nasabah yang menggunakan jasa lembaga keuangan syari’ah di BNI Syariah Surakarta. Sedangkan sampel yang diambil 90 orang nasabah yang ditentukan dengan teknik accidental random sampling dengan tingkat kesalahan 10 %. Untuk melakukan pengujian hipotesis, dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dibantu dengan program SPSS for windows 11.5. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perilaku konsumen dalam memilih lembaga keuangan syari’ah di BNI Syariah Surakarta dipengaruhi beberapa faktor, yaitu kepercayaan, pelayanan, promosi, lokasi, dan bagi hasil. Dengan taraf signifikansi 5 %, hasil pengujian hipotesis secara simultan mendapatkan hasil Fhitung sebesar 18,004 dengan df1 = 4 dan df2 = 85, sehingga didapat Ftabel sebesar 2,48 karena Fhitung 18,004 > 2,48 Ftabel, maka Ho ditolak yang berarti variabel kepercayaan, pelayanan, promosi, lokasi, dan bagi hasil secara simultan/ bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam memilih lembaga keuangan syari’ah. Hasil pengujian hipotesis secara parsial untuk variabel kepercayaan (X1) diperoleh nilai thitung -1,302< 1,989 sehingga Ho diterima, artinya kepercayaan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih BNI Syariah Surakarta, untuk variabel pelayanan (X2) diperoleh nilai thitung 4,073 >1,989 sehingga Ho ditolak, artinya pelayanan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam memilih BNI Syariah Surakarta, untuk variabel promosi (X3) diperoleh nilai thitung -0,903< 1,989 sehingga Ho diterima, artinya promosi tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih BNI Syariah Surakarta, untuk variabel lokasi (X4) diperoleh nilai thitung 4,287 >1,989 sehingga Ho ditolak, artinya lokasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam memilih BNI Syariah Surakarta, untuk variabel bagi hasil (X4) diperoleh nilai thitung 4,551 >1,989 sehingga Ho ditolak, artinya bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam memilih BNI Syariah Surakarta. Hasil pengujian secara parsial/ individu, variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku konsumen dalam memilih lembaga keuangan syari’ah adalah variabel bagi hasil. Besarnya pengaruh variabel-variabel bebas tersebut dapat diketahui dengan melihat koefisien determinasi sebesar 48,9 % dan sisanya 51,1 % dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, pelayanan, promosi, lokasi, bagi hasil, perilaku
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Jun 2009 01:34
Last Modified: 17 Nov 2010 00:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item