UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2007/2008)

UTARI, DEWI (2008) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040140.pdf

Download (88kB)
[img] PDF
A410040140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode Quantum Learning. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Peneliti juga sebagai subyek yang melakukan perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Banyudono yang berjumlah 25 orang, subyek yang membantu dalam pelaksanaan adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil Penelitian tindakan kelas ini adalah : 1. Peningkatan motivasi belajar siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 8% setelah akhir tindakan mencapai 40%, motivasi belajar siswa dalam bertanya dan mengemukakan ide sebelum tindakan 12% setelah akhir tindakan mencapai 40%, motivasi belajar siswa dalam memperhatikan secara aktif sebelum tindakan 40% setelah akhir tindakan mencapai 72%, motivasi belajar siswa dalam menarik kesimpulan sebelum tindakan 32% setelah akhir tindakan mencapai 68%, 2. Banyak siswa memperoleh nilai ≥ 63 adalah 40% setelah akhir putaran mencapai 88% dan hasil prestasi belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 63,2 menjadi 82. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunaan metode Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi siswa juga dapat meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Quantum Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2009 09:09
Last Modified: 17 Nov 2010 00:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item