Asuhan Keperawatan Pada Ny. D Dengan Post Sc Atas Indikasi Insufisiensi Plasenta Di Ruangan Nisa Rs Pku Muhammadiyah Surakarta

Larasati, Larasati (2012) Asuhan Keperawatan Pada Ny. D Dengan Post Sc Atas Indikasi Insufisiensi Plasenta Di Ruangan Nisa Rs Pku Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (488kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang : Proses persalinan merupakan suatu proses kompleks untuk menyelamatkan ibu dan bayinya menggunakan berbagai macam metode seperti persalinan pervaginam, persalinan dengan menggunakan alat dan persalinan operatif yaitu melalui Sectio Caesaria (SC). Metode-metode tersebut dilakukan dengan indikasi-indikasi khusus dengan satu tujuan yaitu menyelamatkan ibu maupun janinnya. Metode : penulis menggunakan metode deskripsi, adapun sampelnya adalah Ny. D, data ini diperoleh dengan cara yaitu wawancara, pemeriksaan, observasi aktivitas, memperoleh catatan dan laporan diagnostik, dan bekerjasama dengan teman sekerja. Tujuan : Untuk mengetahui asuhan keperawatan pada pasien dengan post sectio caesaria atas indikasi insufisiensi plasenta meliputi pengkajian, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Hasil : setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 x 24 jam didapatkan hasil nyeri pasien sudah berkurang dari skala 7 menjadi 2, aktivitas sehari-hari meningkat, tidak terjadi konstipasi, serta menyusui tidak efektif teratasi. Kesimpulan : diagnosa yang ditemukan pada kasus post SC dengan indikasi insufisiensi plasenta pada Ny. D adalah gangguan rasa nyaman; nyeri berhubungan dengan tindakan pembedahan SC, intoleransi aktivitas berhubungan dengan keterbatasan gerak sekunder nyeri post operasi SC, resiko konstipasi berhubungan dengan penurunan tonus otot dan menyusui tidak efektif berhubungan dengan terhambatnya produksi ASI. Semua masalah keperawatan teratasi. Pada penerapan asuhan keperawatan post SC dengan indikasi insufisiensi plasenta pada Ny. D ini tidak ditemukan masalah keperawatan yang tidak atau belum teratasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sectio caesaria, insufisiensi plasenta.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Dec 2012 11:09
Last Modified: 07 Dec 2012 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item