Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika ( PTK Kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012 / 2013 )

Ratnasari, Dina (2012) Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika ( PTK Kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012 / 2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (331kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar matematika dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) pada siswa SMA kelas X. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo yang berjumlah 26 siswa. Data diperoleh melalui metode observasi, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis intaraktif, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) yang diterapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang antusias mengikuti pembelajaran sebelum diberi tindakan sebanyak 7 siswa (26,92%), setelah dilakukan tindakan sebanyak 20 siswa (76,92%). Jumlah siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti sebelum diberi tindakan sebanyak 3 siswa (11,54%), setelah dilakukan tindakan menjadi sebanyak 12 siswa (46,15%). Jumlah siswa yang kedepan kelas menjawab soal sebelum dilakukan tindakan 5 siswa ( 19, 23%) dan setelah dilakukan tindakan sebanyak 11 siswa (42,31%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran ATI ( Aptitude Treatment Interaction ) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ATI , Aptitude Treatment Interaction, Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Dec 2012 10:54
Last Modified: 07 Dec 2012 10:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21878

Actions (login required)

View Item View Item