Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Pembiayaan Murabahah Antara Nasabah Pasar Dengan Bmt Surya Dana Makmur Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten

Sholikhin, Muhammad (2012) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Pembiayaan Murabahah Antara Nasabah Pasar Dengan Bmt Surya Dana Makmur Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (676kB)

Abstract

Murabahah adalah salah satu akad pembiayaan yang menggunakan prinsip jual beli. Akad pembiayaan murabahah adalah akad yang paling banyak digunakan oleh rata-rata lembaga keuangan syariah dalam praktik penyaluran dana atau lending financing. Termasuk BMT Surya Dana Makmur Tulung Klaten hampir 50% pembiayaan yang ada menggunakan akad murabahah. Dan akad yang BMT Surya Dana Makmur terapkan terhadap nasabahnya yang berasal dari pedagang pasar tradisional (nasabah pasar) adalah akad murabahah. Dalam mekanisme penerapan akad murabahah oleh BMT Surya Dana Makmur terhadap pembiayaan dengan nasabah pasar dituntut sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik akad pembiayaan murabahah antara nasabah pasar dengan BMT Surya Dana Makmur Tulung Klaten. Apakah akad pembiayaan murabahah yang diterapkan BMT Surya Dana Makmur Tulung Klaten sudah sesuai dengan hukum Islam. Manfaat dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan sumbangan bagi wacana pengembangan ilmu pengetahuan dan sebagai refrensi penelitian tentang kajian fiqih Muamalah. Dan bagi masyarakat diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman lebih jauh tentang produk-produk pembiayaan yang ada di BMT terutama pembiayaan Murabahah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan analisis data secara deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan induktif deduktif. Metode induktif adalah analisis yang terangkat dari fakta yang khusus atau peristiwa peristiwa yang riil kemudian dari fakta-fakta tersebut ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Metode deduktif adalah analisis yang berpangkal dari pengatahuan yang bersifat umum, kemudian diambil yang bersifat khusus. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan di BMT Surya Dana Makmur dan terhadap pedagang pasar yang menjadi nasabah BMT Surya Dana makmur secara langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa akad pembiayaan murabahah antara nasabah pasar dengan BMT Surya Dan Makmur Tulung Klaten belum sesuai dengan hukum Islam. Karena dalam praktik akad murabahah tersebut mengandung unsur gharar (ketidak jelasan) pada ojek akad jual belinya. Dan tidak adak kesesuaian antara ijab kabul dilapangan dengan akad murabahah yang menyebabkan terjadi perbedaan antara tujuan akad aslinya dengan akad yang terjadi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akad, murabahah, Baitul Maal Wattamwil (BMT), hukum Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2012 08:06
Last Modified: 06 Dec 2012 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item View Item