Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

ASY-SYIFA’, BURHANUDDIN (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (967kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka_.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (233kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan manusia. Pendidikan juga menjadi sarana atau jembatan dalam pelestarian, pengembangan kebudayaan dan kehidupan sesuai dengan tuntutan masyarakat. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mendekati pendidikan intelektual saja, tetapi juga memperhatikan aspek moral dan akhlaq sehingga tidak terkesan hanya mentransferkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi memberikan nilai-nilai kehidupan berupa akhlaq dan moral kepada peserta didiknya. Pendidikan Islam sarat dengan nilainilai yang dikandungnya, dimplementasikan oleh semua muslim dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut juga tersirat maupun tersurat, terdapat dalam proses belajar mengajar, sumber belajar, dan media pembelajaran termasuk novel. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi, dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan novel Sang Pemimpi dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan atau library research, karena data yang diambil dari khasanah kepustakaan yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data yang diambil dari dokumentasi yang berhubungan dengan hal-hal atau variable yang berupa transkip, buku, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-induktif dalam menganalisa data. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi, yaitu: nilai keikhlasan, nilai taubat, nilai kesabaran, nilai kejujuran, nilai ketekunan, nilai kesungguhan, nilai berbakti kepada orang tua, nilai rendah hati, nilai kesederhanaan, nilai ketakwaan, dan nilai kasih sayang. Kelebihan novel Sang Pemimpi dalam perspektif pendidikan Islam adalah: Memberikan banyak gambaran dari nilai-nilai pendidikan Islam, menampilkan tokoh yang realistis dan manusiawi, dan menampilkan cerita sesuai tujuan pendidikan Islam. Sedangkan kekurangan novel Sang Pemimpi dalam perspektif pendidikan Islam adalah novel ini tidak menceritakan dengan jelas proses kembali para tokoh dari jalan yang salah menuju jalan yang benar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Novel Sang Pemimpi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Agama Islam > Syari'ah
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2012 07:10
Last Modified: 06 Dec 2012 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21853

Actions (login required)

View Item View Item