Evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah Berdasarkan Indeks Potensi Lahan Melalui Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Sragen

Toyibulah, Yoga (2012) Evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah Berdasarkan Indeks Potensi Lahan Melalui Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sragen dengan tujuan untuk : (1) mengetahui persebaran indeks potensi lahan dengan membuat peta indeks potensi lahan di Kabupaten Sragen dan (2) mengetahui kesesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terhadap indeks potensi lahan di Kabupaten Sragen. Metode yang digunakan adalah metode pengharkatan (skoring) dan tumpang susun (overlay). Pengharkatan dilakukan terhadap parameter-parameter penyusun Indeks Potensi Lahan yang meliputi peta lereng, peta litologi, peta jenis tanah dan peta hidrologi sebagai faktor pendukung serta peta kerawanan bencana erosi sebagai faktor pembatas. Semua parameter yang telah dilakukan pengharkatan kemudian dilakukan tumpang susun (overlay), sehingga didapatkan peta Indeks Potensi Lahan yang terbagi dalam lima kelas yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, dan sangat rendah. Tumpang susun (overlay) dan metode subjective matching dilakukan terhadap peta Indeks Potensi Lahan yang telah dibuat dengan peta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tata Guna Lahan tahun 2010 – 2030. Sistem Informasi Geografi (SIG) digunakan untuk membantu dalam proses pengolahan data untuk menyusun keseluruhan peta yang dibuat. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah : (1) peta Indeks Potensi Lahan dan (2) peta kesesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tata Guna Lahan tahun 2010 – 2030 terhadap Indeks Potensi Lahan. Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Sragen memiliki klasifikasi Indeks Potensi Lahan sangat tinggi seluas 13,84 km2 (1,41 %), tinggi seluas 399,79 km2 (40,99 %), sedang seluas 364,62 km2 (37,38 %), dan rendah seluas 197,06 km2 (20,20 %). Sedangkan untuk kesesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tata Guna Lahan tahun 2010 – 2030 terhadap Indeks Potensi Lahan menunjukkan lokasi sesuai seluas 786,27 km2 (83,50 %) dan lokasi tidak sesuai seluas 155,28 km2 (16,49 %).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indeks Potensi Lahan (IPL), Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Sistem Informasi Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2012 05:26
Last Modified: 06 Dec 2012 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item