PERILAKU PROSOSIAL PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA

YUSRONI, INFADLUL (2012) PERILAKU PROSOSIAL PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Keberadaan anak berkebutuhan khusus tak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini. Tidak hanya perilaku yang tidak normal seperti manusia pada umumnya anak berkebutuhan khusus ini mempunyai banyak sekali kendala dalam melewati banyak hambatan di kehidupan ini, sehingga tugas seorang guru pendidik menjadi sangat berat.Tujuan dari penelitian ini memahami secara mendalam tentang perilaku prososial dan faktor yang menyebabkan munculnya perilaku prososial pada guru SLB. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 informan. Adapun kriteria informan yang digunakan antara lain: 1) guru sekolah luar biasa; 2) sudah menjadi guru di sekolah luar biasa minimal 5 tahun. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi dengan metode purposive. Hasil dari penelitian ini adalah proses perilaku prososial guru sekolah luar biasa yang dilakukan untuk membantu anak berkebuthan khusus mempunyai banyak ketrampilan dan dapat bermanfaat bagi kehidupan keluarga maupun di masyarakat. Bentuk perilaku prososial yang terjadi antara lain memberikan pelatihan-pelatihan dalam mengembangkan bakat minat bidang menyanyi, bermusik, tartil alqur’an , membaca puisi , menari , melukis bahkan informan memberi modal ketrampilan untuk bisa menjahit dan membuat hiasan kaligrafi. Adapun kendala-kendala yang dihadapi informan adalah faktor fisik dan IQ sehingga murid berperiaku malas, membuat gaduh didalam kelas, mengeluarkan kata-kata kotor dan bahkan murid pernah juga meludah kepada guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku prososial, guru, anak berkebutuhan khusus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Dec 2012 11:41
Last Modified: 05 Dec 2012 13:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item