Analisa Bullwhip Effect Pada Tingkat Retail Menggunakan Sistem Manajemen Rantai Pasok (Studi Kasus : Delta Niaga Jln. Sanggir, Paulan Colomadu)

Febriasari, Ayu Farikah (2012) Analisa Bullwhip Effect Pada Tingkat Retail Menggunakan Sistem Manajemen Rantai Pasok (Studi Kasus : Delta Niaga Jln. Sanggir, Paulan Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (722kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (343kB)

Abstract

Supply chain yang paling baik dan efisien yaitu informasi yang nyata supaya dapat diketahui dengan cepat dan akurat dimana pihak manufacture harus langsung berhubungan dengan konsumen, agar terwujudnya kepuasan dari konsumen. Menciptakan suatu pelayanan yang diharapkan maka koordinasi antara pihak supply chain sangat diperlukan. Karena kurangnya koordinasi itu dapat menimbulkan suatu kesalahan informasi atau miss communication yang natinya akan menyebabkan adanya variasi permintaan. Pendistribusian produk Thinner merupakan salah satu permasalahan yang ada dalam Delta Niaga. Dimana dalam pendistribusian produk masih sering terjadi simpangan yang jauh antara persediaan yang ada dengan permintaan, fenomena ini disebut Bullwhip Effect. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalkan terjadinya Bullwhip Effect di Delta Niaga, memperbaiki sistem Supply Chain Management agar dapat menciptakan Supply Chain Management yang efisien. Data yang digunakan adalah data permintaan dan data penjualan pada masing-masing retail. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung nilai amplifikasi permintaan (Bullwhip Effect) pada setiap retail,untuk perbaikan dilakukan peramalan permintaan dengan software winQsb dan dihitung kembali nilai amplifikasi permintaan (Bullwhip Effect). Hasil perhitungan untuk produk thinner A Special retailer yang terindetifikasi Bullwhip Effect adalah retailer Rimba Sentosa ,Sumber Mulyo Solo, Sumber Mulyo Sukoharjo, Yale pabelan, Nusantara Abadi, Apin. Perhitungan pada prduk thinner Supper 200 liter teridentifikasikan terjadinya Bullwhip Effect pada retailer Solo Murni, Djatmiko, Nova Jaya Sukoharjo, Indoveneer. Perhitungan pada produk thinner NC 200 liter teridentifikasikan terjadinya Bullwhip Effect pada Djatmiko, Sumber Mulyo nilai tersebut diatas parameter 1,0056. Hasil peramalan dan perhitungan nilai amplifikasi maka retail tersebut nilainya menjadi dibawah parameter 1,0056. Cara yang mungkin efektif untuk mengurangi Bullwhip effect antara lain, perusahaan harus membuat adanya kebijakan / aturan dalam pemesanan seperti menentukan jumlah maximal order , Tetap menjaga lead time agar tetap stabil, dan memperbaiki sistem informasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bullwhip Effect, Peramalan, Retail, Supply Chain Management.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2012 08:00
Last Modified: 05 Dec 2012 08:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item