ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE TAHUN 2001 - 2005

KUSTIARINA , RISA (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE TAHUN 2001 - 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040404.pdf

Download (89kB)
[img] PDF
B200040404.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai variabel umur perusahaan, ukuran perusahaan, reputasi auditor, reputasi underwriter, jenis industri, financial leverage, profitabilitas (ROI) terhadap tingkat underpricing pada perusahaa n yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan yang melekuka IPO di Bursa Efek Jakarta. Pemilihan sampel yang akan diuji dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, semua perusahaan yang melakukan IPO pada periode tahun 2001-2005. dengan kreteria perusahaan underpricing, yaitu perusahaan yang harga penawaran saham saat IPO lebih rendah dibandingkan harga pada saat penutupan di pasar sekunder pada hari pertama. Adapun jumlah sampel berjumlah 51 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa variabel reputasi auditor, reputasi underwriter dan jenis industri berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing, sedangkan variabel umur perusahaan, ukuran perusahaan, financial leverage dan ROI berpengruh negatif terhadap tingkat underpricing; 2) Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diketahui secara terpisah (parsial) variabel ukuran perusahaan, jenis industri dan ROI berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat underpricing, sedangkan umur perusahaan, reputasi auditor, reputasi underwriter dan financial leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing; 3) Berdasarkan pengujian hipotesis uji F diketahui bahwa secara simultan (serempak) variabel umur perusahaan, ukuran perusahaan, reputasi auditor, reputasi underwriter, jenis industri, financial leverage dan ROI berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat underpricing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: umur perusahaan, ukuran perusahaan, reputasi auditor, reputasi underwriter, jenis industri, financial leverage, ROI, tingkat underpricing.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 05 Jun 2009 08:35
Last Modified: 12 Dec 2014 11:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item