Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Kawasan Wisata Jelajah Alam Dan Sentra Kerajinan Batu Akik Di Donorojo Pacitan

Listyadani, Hastari (2012) Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Kawasan Wisata Jelajah Alam Dan Sentra Kerajinan Batu Akik Di Donorojo Pacitan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan )
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (795kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF ( Naskah publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81MB)

Abstract

Maksud dan pengertian judul ditinjau dari aspek bahasa adalah sebuah kawasan atau daerah yang dijadikan sebagai wisata jelajah alam (dalam hal ini penggalian batuan dan area outbound) serta sentra kerajinan batu akik di Donorojo Pacitan. Ada 2 aspek yang melatarbelakangi dipilihnya judul tersebut yaitu aspek pariwisata dan aspek ekonomi. Yang pertama, bahwa pariwisata merupakan dunia universal, kebutuhan manusia di seluruh dunia. Meningkatnya kesejahteraan di bidang ekonomi, maka timbul kebutuhan yang sifatnya kesenangan, berupa rasa keingintahuan atau ketertarikan. Sedangkan Pacitan merupakan kota yang mempunyai banyak keindahan alam terutama goa dan pantai. Yang kedua, bahwa Donorojo dikenal luas sebagai salah satu sentra kerajinan batu akik di Pacitan. Saat ini sudah jarang ditemukan aktifitas pengolahan batu akik. Pasar kerajinan batu akik sudah dapat dikatakan lesu, tidak sedikit dari para pengrajin yang memilih untuk mencari pekerjaan lain. Namun beberapa pengrajin tetap bertahan di bisnis batu akik dan tetap produktif. Karena mereka masih memegang harapan bahwa kerajinan batu akik dapat kembali seperti pada masa jayanya dulu. Konsep yang digunakan dalam perencanaan adalah arsitektur tradisional Jawa Timur. Arsitektur tradisional mempunyai ciri-ciri bentuk massanya berupa bujur sangkar atau persegi panjang. Konsep penataan massa bangunan menggunakan konsep Cluster, dimana penataan kelompok ruang dalam suatu massa bangunan terhadap tapak berdasarkan kedekatan hubungan atau bersama-sama memanfaatkan satu ciri atau hubungan visual. Kata kunci : Wisata Jelajah, Sentra Kerajinan, Batu akik, Donorojo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Dec 2012 11:03
Last Modified: 04 Dec 2012 11:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item