PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA

SUKMAWATI, EMILDA (2008) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040175.pdf

Download (102kB)
[img] PDF
A410040175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran Kooperatif tipe TAI dan tipe STAD. (2) pengaruh prestasi belajar siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa. (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kartasura, dan sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Tehnik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5 % disimpulkan: (1) terdapat pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran dengan Fhitung = 7,47. (2) terdapat pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa dengan Fhitung = 5,07. (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 4,32. Penelitian ini menyimpulkan pembelajaran tipe TAI dan aktivitas belajar menghasilkan peningkatan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sudut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, aktivitas, pembelajaran, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2009 08:31
Last Modified: 17 Nov 2010 01:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item