Propeller Display Berbasis Mikrokontroler Atmega16

Saputro, Dwi Nurul (2012) Propeller Display Berbasis Mikrokontroler Atmega16. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (928kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (DAftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (NAskah Publikasi)
MAKALAH.pdf

Download (872kB)

Abstract

Pada umumnya dalam suatu alat display yang dapat menampilkan karakter dalam jumlah yang banyak dan bergerak, alat display tersebut membutuhkan jumlah LED yang banyak. Misalnya saja penampil dot matrik 5x7, dot matrik ini membutuhkan 35 buah LED untuk membentuk sebuah karakter. Apabila hendak menampilkan 40 karakter dalam sekali tampil, dot matrik ini membutuhkan paling tidak 1.400 buah LED. Jumlah yang cukup banyak, untuk itu dibutuhkan adanya sebuah teknologi display yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Persistence Of Vision (POV) merupakan teori yang digunakan dalam propeller display, yang mengungkapkan ketidakmampuan mata manusia dalam melihat pergantian gambar dengan cepat. Teori ini juga sering disebut dengan ilusi atau tipuan mata. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah alat display berbasiskan mikrokontroler yang dapat menampilkan berbagai karakter huruf, angka dan simbol dengan prinsip POV (Persistence Of Vision), sehingga dapat menghemat pengguanan jumlah LED dan terlihat menarik. Propeller display bekerja dengan memutar 20 buah LED yang disusun secara vertikal yang dikontrol menggunakan mikrokontroler. Pada kecepatan tertentu dapat menimbulkan efek berupa tampilan karakter huruf, angka dan simbol. Kontrol putaran dan kontrol karakter dilakukan dengan menggunakan keyboard PS/2. Sedangkan untuk kontrol posisi digunakan optocoupler pada interupt external. Penyuplaian sumber tegangan pada sistem yang berputar dilakukan dengan cara menggesekkan sumber tegangan dengan benda yang bersifat konduktor yang ditempatkan pada as motor yang berputar. Terdapat empat jalur yang dihantarkan dengan cara ini, yaitu tegangan 12 V, GND, clock keyboard dan data dari keyboard. Panjang lengan propeller pada perancangan ini adalah 25cm dan kecepatan tertinggi yang dihasilkan motor pemutar adalah 1.320 RPM. Sehingga framerate yang dapat dihasilkan propeller mencapai 22 fps (frame per second). Dengan framerate secepat itu dan ketidakmampuannya mata manusia dalam melihat pergantian yang cepat (POV), maka seolah – olah yang terlihat oleh mata adalah gambar yang diam. Memiliki keliling tampilan 1.57m propeller display dengan 20 LED mampu menampilkan sebanyak 72 karakter 5x7 dalam sekali tampil. Penggunaan jumlah LED yang sangat hemat, bila dibandingkan dengan dot matrik yang harus menggunakan 2.520 buah LED.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penampil, POV, Persistence Of Vision, LED, mikrokontroler, keyboard PS/2.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2012 05:56
Last Modified: 04 Dec 2012 08:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item