Dasar Program Perencanaan Da Perancangan Arsitektur (Dp3a) Wood Carving Promotion And Information Center Di Desa Industri Kreatif Mulyoharjo Jepara

Habbibah, Rizqi Ayuni Nur and , Rini Hidayati, ST, MT and , Ir. Alpha Febela P, MT (2012) Dasar Program Perencanaan Da Perancangan Arsitektur (Dp3a) Wood Carving Promotion And Information Center Di Desa Industri Kreatif Mulyoharjo Jepara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
I.pdf

Download (875kB)
[img] PDF (Bab II)
II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82MB)

Abstract

Kabupaten Jepara dikenal sebagai penghasil kerajinan mebel ukir bertaraf Internasional. Produk-produk furniture Jepara memiliki kekhasan tersendiri yang terletak pada motif ukirannya. Selain sebagai sebuah produk budaya hasil karya masyarakat lokal, ukiran juga merupakan karya seni yang bernilai estetik tinggi. Oleh karena itu Jepara mendapat gelar sebagai “The World Carving Center”. Sentra industri kerajinan seni patung dan ukir dari kayu Mulyoharjo adalah sebuah kawasan di Jepara yang memiliki potensi ukir yang besar dan merupakan produk unggulan Jepara. Desa Mulyoharjo ini dianggap sebagai cikal bakal munculnya seni ukir Jepara seperti yang disebutkan pada legenda masyarakat Jepara. Oleh sebab itu sentra industri ukir dan relief Mulyoharjo ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Adanya ancaman dan gangguan dari pihak asing dalam industri dan budaya ukir Jepara, apabila industri dan budaya ukir tidak dilindungi, dipertahankan dan dilestarikan maka lambat laun industri dan kebudayaan ukir sebagai identitas Kota Jepara, serta sejarah Desa Mulyoharjo sebagai cikal bakal ukir Jepara akan hilang. Perencanaan dan perancangan ini bertujuan untuk membuat suatu bangunan Wood Carving Promotion and Information Center di Desa Industri Kreatif Mulyoharjo Jepara untuk mengakomodasikan kegiatan launching, promosi, informasi produk serta edukasi mengenai ukir dan relief kayu dari para pengrajin di desa industri kreatif Mulyoharjo yang dirancang dengan menggunakan konsep arsitektur lokal Jepara sebagai identitas bangunan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wood carving, Ukir, Lokal Jepara
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Dec 2012 11:59
Last Modified: 01 Nov 2016 01:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21736

Actions (login required)

View Item View Item