Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Indonesian Maritime Museum Di Yogyakarta Pendekatan Pada Teori-Teori Proporsi Pada Arsitektur

Putra , Dhedy Arya (2012) Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (Dp3a) Indonesian Maritime Museum Di Yogyakarta Pendekatan Pada Teori-Teori Proporsi Pada Arsitektur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (33MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari dengan hamparan laut yang luas merupakan suatu potensi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan sumberdaya laut yang memiliki keragaman baik sumberdaya hayati maupun sumberdaya lainnya, sudah selayaknya generasi muda dan masyarakat umumnya agar lebih banyak mempelajari, memahami, mencintai dan menggeluti masalahmasalah keberanian serta menjaga citra kepribadian dan semangat juang pahlawan-pahlawan bahari Indonesia. Beberapa fakta tersebut diatas merupakan bukti masih minimnya pengetahuan kita akan manfaat (potensi) laut yang sangat besar bagi hidup manusia tetapi sekaligus dapat pula menimbulkan bahaya (ancaman), maka diperlukan fasilitas publik yang dapat mewadahi kepentingan yang bersifat rekreatif dan sekaligus kepentingan edukatif yang berkaitan dengan dunia bahari. Fasilitas publik yang dimaksud adalah Museum Bahari. Kota Yogyakarta yang populer sebagai kota wisata budaya dan seni, memiliki sejarah dan bangunan-bangunan bersejarah, potensi museum yang dimiliki DIY baik museum negeri maupun museum swasta sejumlah 30 buah museum yang terdiri Museum Benda Cagar Budaya dan kesenian, 7 Museum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan dan 9 Museum perjuangan. Perancangan Indonesian Maritime Museum Di Yogyakarta ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut di atas adalah dengan menginformasikan dan mempublikasikan sejarah dan budaya dunia pelayaran nasional secara eksklusif dan menyeluruh dan tentunya juga menjadi ikon atas kebesaran kejayaan dunia pelayaran Indonesia dengan pendekatan pada teori-teori proporsi pada arsitektur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maritime; Museum; bahari; proporsi
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Dec 2012 10:36
Last Modified: 03 Dec 2012 10:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21714

Actions (login required)

View Item View Item