Kajian Yuridis Pembagian Harta Warisan Bagi Anak Di Luar Perkawinan Berdasarkan Hukum Waris Adat Di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo

Keling , Galih Randu (2012) Kajian Yuridis Pembagian Harta Warisan Bagi Anak Di Luar Perkawinan Berdasarkan Hukum Waris Adat Di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (594kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (394kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pembagian harta warisan bagi anak di luar perkawinan berdasarkan hukum waris adat di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. 2) Mengetahui dasar/ landasan dalam pembagian warisan bagi anak di luar perkawinan di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. 3) Mengetahui masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaan pembagian warisan bagi anak di luar perkawinan di di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analistis. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Jenis data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara. Data sekunder berupa studi kepustakaan dan Undang-Undang yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu bahwa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Pembagian harta warisan bagi anak di luar perkawinan berdasarkan hukum waris adat di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo dilaksanakan dengan cara yang dipersamakan dengan anak sah yang didasarkan pada asas parimirma dengan dasar welas asih dan kerelaan. 2) Dasar/ landasan dalam pembagian warisan bagi anak di luar perkawinan di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo adalah ksepakatan atau mufakat dari masing-masing ahli waris untuk membagi harta warisan sama rata, baik anak yang memiliki kedudukan anak sah maupun anak di luar nikah. 3)Masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaan pembagian warisan bagi anak di luar perkawinan di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo yaitu adanya perselisihan atau sengketa dalam pembagian harta warisan. Penyelesaian sengketa warisan dengan adanya anak luar kawin di Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo antara lain : a) Di masyarakat Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo, biasanya sengketa tersebut diselesaikan terlebih dahulu dengan cara musyawarah diantara para anggota keluarga. Yang menjadi pemimpin dari musyawarah tersebut adalah anak anak sah sulung atau anak laki yang dituakan dari keluarga tersebut, atau kalau tidak ada anak laki, maka saudara atau kerabat dari pihak ayah. b) Apabila sengketa pembagian warisan tersebut tidak dapat diselesaikan dengan cara musyawarah, maka sengketa tersebut dibawa ke dalam musyawarah adat, dimana dipimpin oleh Kepala Desa atau orang yang dituakan dalam adat masyarakat Desa Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harta warisan, anak di luar perkawinan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2012 06:01
Last Modified: 01 Dec 2012 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21698

Actions (login required)

View Item View Item