Pengaruh Aspek Keperilakuan Terhadap Kooperasi Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Hubungan Kontraktual Dengan Supplier (Studi Pada PT Dutaplast Boyolali)

Nugraheni, Fani Putri (2012) Pengaruh Aspek Keperilakuan Terhadap Kooperasi Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Hubungan Kontraktual Dengan Supplier (Studi Pada PT Dutaplast Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (382kB)

Abstract

Studi ini menganalisis pengaruh beberapa karakteristik perilaku terhadap kooperasi dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan dalam hubungan kontraktual antara perusahaan manufaktur dan pemasok. Variabel-variabel yang diteliti terdiri saling ketergantungan, kepercayaan dan keselarasan tujuan sebagai variabel bebas (independen) yang akan diuji pengaruhnya terhadap variabel kinerja perusahaan melalui variable kooperasi. Berdasarkan model teoritis yang diajukan dalam peneltian ini teknik-teknik statistik yang digunakan adalah analisis korelasi multivariat, analisis regresi dan analsis jalur digunakan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang telah melakukan hubungan kontraktual dengan pemasoknya secara berkesinambungan minimal satu tahun dan barang yang dibeli tersebut mempunyai pengaruh dominan pada proses produksi. Sampel diambil secara purposive sebanyak 37 karyawan pada PT Dutaplast Boyolali. Pengujian variabel-variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner hasil modifikasi skala Likert menjadi lima skala pengukuran. Hasil uji statistik atas empat hipotesis menunjukkan bahwa tiga hipotesis nihil ditolak sehingga hipotesis kenerja diterima yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara variabel kepercayaan dengan kooperasi, keselarasan tujuan dengan kooperasi, variabel kooperasi dengan kinerja perusahaan. Terdapat satu hipotesis nihil yang tidak tidak berhasil ditolak yaitu variabel saling ketergantungan dengan kooperasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan kontraktual, saling ketergantungan, kepercayaan, keselarasan tujuan, kinerja perusahaan, kooperasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2012 11:26
Last Modified: 30 Nov 2012 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21692

Actions (login required)

View Item View Item