USAHA MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOAL LATIHAN DI DEPAN KELAS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) (PTK di SMP NEGERI 3 KARTASURA)

Aji, DIdik Pamirsa (2008) USAHA MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOAL LATIHAN DI DEPAN KELAS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) (PTK di SMP NEGERI 3 KARTASURA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040176.pdf

Download (245kB)
[img] PDF
A410040176.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian siswa mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas dalam pembelajaran matematika mencapai 70% setelah diterapkan pendekatan kooperatif tipe STAD. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 42 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika SMP Negeri 3 Kartasura, dan subjek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisi data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1). Faktor-faktor yang menyebabkan keberanian siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas pada proses pembelajaran matematika masih rendah antara lain: (a). Guru kurang memberi motivasi kepada siswa, (b). Strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar masih banyak ceramah, (c). Kurangnya suasana yang mendukung seperti kehangatan dan keantusiasan yang tidak dapat diciptakan oleh guru. 2) Terjadi peningkatan keberanian siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe STAD yaitu dari sebelum adanya penelitian sebanyak 5 siswa (11,9%) menjadi 31 siswa (73,8%). 3) Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥70 dari 11 siswa (26,19%) menjadi 33 siswa (78,57%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keberanian, Kooperatif tipe STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2009 08:15
Last Modified: 25 Nov 2019 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item