Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Survey di Kantor SKPD Kabupaten Sragen)

Setiawan, Joni (2012) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Survey di Kantor SKPD Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar__Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (LAmpiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah serta pengaruh komitmen organisasi terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja aparat pemerintah daerah. Survey penelitian ini dilakukan di kantor SKPD kabupaten Sragen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan tingkat menengah, pimpinan operasional dan sekretaris dari dinasdinas SKPD pemerintah kabupaten Sragen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 46 pegawai yang menjabat sebagai pimpinan tingkat menengah, pimpinan operasional dan sekretaris. Penelitian ini diuji dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang meliputi uji F dan uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dan H1 terdukung secara statistik, dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,025 <  = 0,05. (2) Interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dan H2 terdukung secara statistik, dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,037 <  = 0,05. Dengan partisipasi penyusunan anggaran yang tinggi dan didukung dengan komitmen organisasi maka kinerja aparat pemerintah daerah akan meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, komitmen organisasi, kinerja aparat pemerintah daerah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2012 10:17
Last Modified: 30 Nov 2012 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21685

Actions (login required)

View Item View Item