Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiry Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Ernawati, Ana (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiry Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (36MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Gajahmati tahun pelajaran 2012 / 2013. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gajahmati yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber data.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, analisis dan penyusunan siklus tindakan berikutnya.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Gajahmati. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar IPA siswa sebesar 45% atau 10 siswa. Pada siklus I pertemuan II persentase ketuntasan dalam motivasi dan hasil belajar IPA siswa sebesar 54 % atau 12 siswa dan pada siklus II sebesar 81,82% atau 18 siswa.Sedangkan untuk motivasi siswa dari siklus I pertemuan I motivasi siswa Sebesar 22,73 % atau 5 anak yang sangat termotivasi dalam pembelajaran IPA,siklus I pertemuan II siswa 36,36 % atau 8 anak yang sangat termotivasi . siklus II diperolah data 59,09 % atau 13 anak sudah sangat termotivasi dan sisanya 40,91 % atau 9 anak sudah termotivasi Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Inquiry Discovery mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dikelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi dan hasil belajar IPA, metode Inquiry Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2012 07:54
Last Modified: 29 Nov 2012 07:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item View Item