Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Sidomulyo 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati

Putri, Kiky Rizky (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Sidomulyo 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (457kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.__BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
5.__BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
6.__BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.__BAB_4_HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
8.__BAB__V_PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode realistic. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri Sidomulyo 01 yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Teknik pengumpulan datayang digunakan melalui observasi, wawancara, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswapada pembelajaran matematika. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematikadapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam evaluasi pembeljaran yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa sebesar 66,4% dan pada siklus II sebesar 74,8%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistic mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri Sidomulyo 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran matematika realistic
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2012 07:30
Last Modified: 29 Nov 2012 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item View Item