Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating(Pada Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten)

SUWINDRAWATI, SUWINDRAWATI (2012) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating(Pada Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (766kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_bab_satu.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
02_bab_dua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
03_bab_tiga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_bab_empat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
05_bab_lima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_dft_pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_publi.pdf

Download (885kB)

Abstract

Peningkatan partisipasi manajer menengah dalam penyusunan anggaran dan upaya pemberian motivasi merupakan teknik manajemen yang efektif untuk meningkatkan kinerja manajer. Teknik ini digunakan agar para manajer ikut melaksanakan dengan penuh tanggung jawab atas anggaran yang telah disusun. Adanya partisipasi dari manajemen tingkat menengah- berarti memberikan pengakuan terhadap peran manajer tingkat menengah dalam manajemen. Pengakuan ini menimbulkan motivasi yang positif pada manajer tingkat menengah. Tujuan penelitian jai adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan variabel motivasi aebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi yang dimabil dalam penelitian ini adalah seluruh mariajer menengah di rumah sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 34 orang manajer menengah yang berasal dari rumah sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik dianalisis data menggunakan uji validitas dan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi penganggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Terbukti dari hasil uji t analisis regresi sederhana memperoleh nilai thitung = 6,203 diterima pada taraf signifikansi 5%; (2) Motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, Terbukti dad Msit uji t analisis regresi sederhana memperoteh nilai twain = 2,544 diterima pada taraf signifikansi 5%; (2) Interaksi partisipasi penganggaran dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis regresi ganda memperoleh nilai thit„,,g untuk interaksi partisipasi dan motivasi sebesar 2,200 diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 0,470 yang berarti 47% variasi dari kinerja manajerial dapat dijelaskan oleh partisipasi penganggaran, motivasi dan interaksinya. Sedangkan sisanya sebesar 53% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penganggaran, motivasi, kinerja manajerial, moderasi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2012 05:57
Last Modified: 29 Nov 2012 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21656

Actions (login required)

View Item View Item