Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010

Puspita Sari, Linda Noviana (2012) Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap returnsaham padaperusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi return saham padaperusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan memberikan informasi kepada pelaku pasar tentang faktor-faktor yang memengaruhi return saham padaperusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan metode purposive sampling maka diperoleh 34 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Likuditas diperoleh nilai thitung = -0,440< 1,984 (p= 0,661> 0,05) sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Hal ini terjadi karena rata-rata kemampuan perusahaan untuk mengembalikan kewajiban jangka pendek termasuk kategori rendah dan kurang dari 200%. Sehingga ada beberapa hasil keuntungan yang dialokasikan untuk menutup hutang-hutang jangka pendek, dengan demikian rasio likuiditas kurang memberikan dampak yang berarti terhadap harga saham perusahaan. Leverage diperoleh nilai thitung = 0,193< 1,984 (p= 0,848> 0,05); sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Tidak berpengaruhnya rasio leverage terhadap return saham ini cenderung disebabkan lemahnya kemampuan perusahaan manufaktur dalam menjamin hutang-hutang jangka panjang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata leverage yang rendah. Sehingga untuk menutup hutang-hutang jangka panjangnya banyak mengalokasikan dana di luar pos, dengan demikian leverage tidak memberikan pengaruh yang berarti terhadap harga saham. Profitabilitas diperoleh nilai thitung = 3,715> 1,984 (p= 0,000 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Hal ini disebabkan karena profitabilitas merupakan tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan, sehingga investor sangat tertarik pada perusahaan dengan tingkat keuntungan yang tinggi, akibatnya banyak investor yang menginvestasikan dananya pada perusahaan-perusahaan yang profitabilitasnya tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: likuiditas, leverage, profitabilitas, return saham.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 11:46
Last Modified: 28 Nov 2012 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21642

Actions (login required)

View Item View Item