Analisis Pengaruh Relationship Marketing Dalam Mencapai Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis Jasa Transportasi PO Raya

Gunadi, Cahyo Prasetyo (2012) Analisis Pengaruh Relationship Marketing Dalam Mencapai Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis Jasa Transportasi PO Raya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf

Download (955kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji pengaruh relationship marketing secara bersama-sama yang terdiri dari variabel pertalian, empati, timbal balik, dan kepercayaan pada kepuasan pelanggan PO. RAYA. (2) Untuk menguji pengaruh relationship marketing secara parsial yang terdiri dari variabel pertalian, empati, timbal balik, dan kepercayaan pada kepuasan pelanggan PO. RAYA. Populasi penelitian adalah seluruh penumpang Bus PO RAYA berbagai jurusan dengan berbagai kelas. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan teknik sampling purposive sampling. Metode analisis data meliputi: (1) Uji instrumen penelitian terdiri dari: uji validitas dan reliabilitas, (2) Uji asumsi klasik, terdiri dari: uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. (3) Uji hipotesis, terdiri dari: uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji R Square. Hasil analisis data menunjukkan hasil: (1) Uji F menunjukkan secara bersama-sama pertalian, empati, timbal balik dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 29,969 dan signifikansi sebesar 0,000. Hal ini berarti hipotesis pertama yang menyatakan bahwa "Dimensi Relationship Marketing yang meliputi variabel pertalian, empati, timbal balik dan kepercayaan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan PO. RAYA terbukti kebenarannya. (2) Uji t menunjukkan secara individu pertalian, empati, timbal lik dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan oleh variabel pertalian nilai thitung 2,839 dan nilai signifikansi 0,006, variabel empati nilai thitung 2,023 dan sig 0,046, variabel timbal balik thitung 2,208 dan sig 0,030 dan variabel kepercayaan thitung 2,389 dan sig. 0,018. Berarti hipotesis kedua yang menyatakan bahwa "Dimensi Reliationship Marketing yang meliputi pertalian, empati, timbal balik dan kepercayaan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PO RAYA" terbukti kebenarannya. (3) Uji regresi linear berganda diperoleh koefisien regresi variabel pertalian merupakan variabel yang nilai koefisien regresinya (B) paling besar yaitu 0,247. Hal ini menunjukkan bahwa variabel pertalian merupakan variabel yang paling besar mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationship marketing, kepuasan pelanggan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 11:04
Last Modified: 28 Nov 2012 12:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21633

Actions (login required)

View Item View Item