Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas V SDN Penggung 01 Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun 2012

Ni’mah, Maria Ulin (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas V SDN Penggung 01 Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan metode STAD (Student Teams Achievement Division). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Penggung 01 yang berjumlah 30 siswa.Sumberdata dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalahPenelitian TindakanKelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakanmelalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakanbentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana siklus berikutnya.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklusterdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar matematika siswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapatdilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika yang meningkat dari siklus I pertemuan I dan pertemuan II serta siklus II. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar siswadalam pembelajaran matematika sebesar 60% atau 18 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 67% atau 20 siswa serta pada siklus II sebesar 80% atau 24 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode belajar kelompok (STAD) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, metode STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:48
Last Modified: 28 Nov 2012 13:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item View Item