Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Trimulyo 02 Kecamatan Juwana Pati Tahun 2012 / 2013

Susanti , Susanti (2012) Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Trimulyo 02 Kecamatan Juwana Pati Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
publikasi_santi.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar melalui metode STAD.Penelitian ini dilaksanakan bulan Juni-Agustus.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 02 yang berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi,dokumentasi,tes dan catatan lapangan.Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Prosedur penelitian terdiri dari kondisi awal,siklus I,dan siklus II.Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi hasil pengamatan.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskripsi komparatif yaitu membandingkan nilai dari prasiklus,siklus I,dan siklus II. Hasil ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas belajar.Peningkatan kreativitas belajar dapat dilihat dari meningkatnya kreativitas dan nilai dari pra siklus,kreativitas siswa 26,8% dengan mencapai KKM 32,1%. Siklus I kreativitas siswa 57,1% dengan KKM 78,6%. Siklus II Kreativitas siswa 83,9% dengan mencapai KKM 92,9%.Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode STAD mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 02.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan,Kreativitas-belajar,Metode STAD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:25
Last Modified: 28 Nov 2012 13:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item