Penggunaan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gunungsari Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Hastutik, Ninuk Puji (2012) Penggunaan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gunungsari Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (469kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi siswa kelas V SDN 2 Gunungsari Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan siswa dalam menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia sangat rendah dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode dan media dalam pembelajaran. Penerapan media tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media lingkungan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi. Subyek penelitian mencakup seluruh siswa kelas v yang berjumlah 21 siswa, beserta guru kelas V dan Kepala Sekolah SDN 2 Gunungsari. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis dan observasi. Butir soal bertujuan untuk mengetahui kompetensi siswa dalam menulis puisi dan lembar observasi bertujuan untuk melihat kegiatan siswa dalam pembelajaran menulis puisi apakah benar-benar menggunakan media lingkungan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan penggunaan media lingkungan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas V SDN 2 Gunungsari Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan kemampuan siswa yang ditunjukkan meningkatnya nilai siswa diatas KKM, minimal 80% dari 21 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan media lingkungan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi sebanyak 11 anak (52%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan media lingkungan pada siklus I kemampuan siswa dalam menulis puisi meningkat menjadi 16 anak (76%) dan pada siklus II meningkat menjadi 19 anak (90%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan media lingkungan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V SDN 2 Gunungsari Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis, media lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:18
Last Modified: 28 Nov 2012 13:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item