USAHA MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (PTK Kelas IV SD Negeri Dalangan)

SUSANTI, HERTINA (2008) USAHA MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (PTK Kelas IV SD Negeri Dalangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040177.pdf

Download (141kB)
[img] PDF
A410040177.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keberanian siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas dan Kepala Sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Dalangan Todanan yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keberanian bertanya siswa. Hal ini dapat dilihat dari tingkat keaktifan siswa yang ditunjukkan dengan keberanian siswa dalam: 1) aktif bertanya dari 26,47% meningkat menjadi 76,47%, 2) mengemukakan ide/ gagasan pada guru meningkat dari 14,71% menjadi 70,59%), 3) menyanggah ide pengerjaan soal latihan dari teman meningkat dari 26,47% menjadi 82,35%, 4) mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari 32,35% menjadi 85,30%. Kesimpulan penelitian ini adalah keberanian bertanya siswa dalam pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan kontekstual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2009 07:58
Last Modified: 17 Nov 2010 01:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item