Penerapan Pendekatan Inquiry untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Luwang 2012/2013

Ningsih , Ruyati (2012) Penerapan Pendekatan Inquiry untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Luwang 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Judul_Pdf.pdf

Download (448kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia melalui pendekatan Inquiry. Subyek dan obyek penelitian adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan tes. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan deskriftif komperatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi belajar Bahasa Indonesia. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam tes formatif yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 64,70 % atau 11 siswa meningkat pada siklus II menjadi 82,35% atau 14 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inquiry, Motivasi belajar,Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:10
Last Modified: 28 Nov 2012 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21619

Actions (login required)

View Item View Item