Penerapan Media Gambar Seri Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengarang Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester I di SDN Kuwawur 02 Kabupaten Pati

Budiyanto , Budiyanto (2012) Penerapan Media Gambar Seri Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengarang Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester I di SDN Kuwawur 02 Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa melalui penerapan media gambar seri. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kuwawur 02 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan mengarang siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis sebesar 75% atau 24 siswa dan pada siklus II sebesar 87,5% atau 28 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Penggunaan Gambar Seri mampu meningkatkan kemampuan mengarang siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengarang, metode Penggunaan Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 09:05
Last Modified: 28 Nov 2012 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item