Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Haryono, Agung (2012) Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament pada siswa kelas V SD Negeri 1 Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, minat belajar IPA peserta didik kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan minat belajar IPA pada anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Canden yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observsi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament minat belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari 16 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar IPA siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament sebanyak 6 anak (37,5%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament pada siklus I minat belajar IPA siswa meningkat menjadi 9 anak (56,25%) dan pada siklus II meningkat menjadi 13 anak (81,25%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Pembelajaran kooperatif , Team Game Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:25
Last Modified: 28 Nov 2012 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21606

Actions (login required)

View Item View Item