Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Diskusi Kelompok Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Kalimulyo 01 Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati 2012/2013

Agustina , Agustina (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Diskusi Kelompok Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Kalimulyo 01 Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (743kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (292kB)

Abstract

Pada pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan metode diskusi kelompok dan media gambar. Media gambar sangat cocok digunakan pada pelajaran IPS tentang peta sehingga siswa tertarik pada kegiatan pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diskusi kelompok menggunakan media gambar dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kalimulyo 01 Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang , terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS setelah menggunakan media gambar, dengan nilai ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I pertemuan I adalah 8 siswa (66,67%), pada siklus I pertemuan II adalah 9 siswa (75%), pada siklus II pertemuan I adalah 10 siswa (83,33%) dan pada siklus II pertemuan II telah mencapai indikator keberhasilan (100%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, diskusi kelompok, media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:14
Last Modified: 11 Dec 2012 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item