Penerapan Strategi Learning Community Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Senggrong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Rohyanto, Ahmad (2012) Penerapan Strategi Learning Community Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Senggrong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_00_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_NASKAH_PUBLIKASI_AHMAD.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS, pada siswa kelas II SD Negeri 2 Senggrong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Senggrong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali dengan jumlah 13 siswa. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dua siklus, pada setiap siklus dilakukan observasi, sehingga dapat diketahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS dengan strategi Learning Community telah mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa, baik bertanya, memecahkan masalah, dan megerjakan tes, sebelum adanya penelitian siswa yang aktif 5 siswa (38,46%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi Learning Community, pada siklus I siswa yang aktif menjadi 7 siswa (53,85), dan pada siklus II siswa yang aktif 12 siswa (92,30%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning community, keaktifan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:09
Last Modified: 28 Nov 2012 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item View Item