Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Diskusi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumimulyo 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahun 2012/2013

Handayani , Lilik Sri (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Diskusi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumimulyo 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode diskusi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Bumimulyo 01 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan komponen interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penilaian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 48,14 % dan pada siklus II sebesar 92,59 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan motivasi belajar siswa, metode diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:02
Last Modified: 28 Nov 2012 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21601

Actions (login required)

View Item View Item