Peningkatanminat Belajar Bahasa Indonesia Menulis Ringkasan Semester Imelaluimetode Jigsaw Pada Siswa Kelas VI SDN Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Daryono, Daryono (2012) Peningkatanminat Belajar Bahasa Indonesia Menulis Ringkasan Semester Imelaluimetode Jigsaw Pada Siswa Kelas VI SDN Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (469kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I._docx.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
LAMPIRAN.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil materi Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia Menulis Ringkasan Semester I Melalui Metode Jigsaw pada Siswa Kelas VI SDN Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia menulis ringkasan dengan metode jigsaw dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, Catatan lapangan, dan Dokumentasi. Analisis selanjutnya menggunakan reduksi data, sajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh tiga hasil penelitian yang diadakan dari beberapa siklus yang telah dilalui, diantaranya, pertama terjadi peningkatan minat belajar menulis ringkasan, yang semula minatnya rendah menjadi tinggi, kedua terjadi minat belajar siswa tinggi sebanyak 9 siswa yang meliputi Koko Firmansyah (72%), Sugiyono (64%), Maynanda Aris Purnama A (72%), Ario Windar Yunistian (72%), Nugroho Aji (72%), Rita Pitaloka (76%), Ryan Putra Mahendra (80%), Reza Nur Irawan (68%), Tantri Sulistiyowati (80%), kedua terjadi minat belajar siswa sangat tinggi sebanyak 3 siswa Herlina Ayunani (84%), Sri Mei Restu P (88%), fajar Pangestu (84%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Bahasa Indonesia dengan Metode Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 07:06
Last Modified: 28 Nov 2012 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item