Peningkatan Minat Belajar Ips Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kuis Who Am I Pada Siswa Kelas ID SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Sulastri, Sulastri (2012) Peningkatan Minat Belajar Ips Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kuis Who Am I Pada Siswa Kelas ID SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui pemanfaatan kartu kuis Who am I pada siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, minat belajar IPS peserta didik kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan pemahaman Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya pada anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pemanfaatan kartu kuis Who am I. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo yang berjumlah 28 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observsi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan pemanfaatan kartu kuis Who am I minat belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari 28 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan pemanfaatan kartu kuis Who am I sebanyak 6 anak (21,42%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan pemanfaatan kartu kuis Who am I pada siklus I minat belajar IPS meningkat menjadi 18 anak (66,6%) dan pada siklus II meningkat menjadi 24 anak (88,9%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui pemanfaatan media kartu kuis Who am I dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri ngadirejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar IPS, Kartu kuis Who am I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 06:51
Last Modified: 28 Nov 2012 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21595

Actions (login required)

View Item View Item