Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Suhartini, Suhartini (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Sebelum diberikan nilai kemampuan membaca pemahaman rendah dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca pemahaman yaitu dengan metode Konvensional. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis mengalir. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012 / 2013 dapat meningkatkan minimal 80 % dari 30 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) sebanyak 16 siswa (53,33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu penerapan metode Cooperaticve Integrated Reading Compisition (CIRC) pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 20 siswa (66,67%) dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “diduga melalui penggunaan metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ngoyog Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman, Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 06:28
Last Modified: 28 Nov 2012 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21593

Actions (login required)

View Item View Item