Penerapan Metode Struktural Teknik Kancing Gemerincing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Banyuurip Klego Tahun Ajaran 2012/2013

Bhakti, Kurnia (2012) Penerapan Metode Struktural Teknik Kancing Gemerincing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Banyuurip Klego Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (691kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar PUstaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Struktural teknik Kancing Gemerincing pada siswa kelas VI SDN 2 Banyuurip tahun 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Banyuurip, Klego, Boyolali yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Komparatif, Kritis dan model Alir yang terdiri dari empat komponen analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan metode Struktural teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas VI SDN 2 Banyuurip, yaitu ditandai dengan peningkatan keaktifan belajar, pra siklus hanya 38,88%, siklus pertama 61,11% dan siklus kedua menjadi 88,89%, (2) Langkah penerapan metode Struktural teknik Kancing Gemerincing dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS adalah prinsip dari teknik Kancing Gemerincing yang memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk aktif berperan serta dalam pembelajaran, disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, (3) Cara penerapan metode Struktural teknik Kancing Gemerincing (a) pembentukan kelompok oleh guru, yang bertujuan untuk membentuk kelompok yang heterogen. (b) Guru menyiapkan kancing-kancing (bisa sedotan, sendok es cream dsb). (c) Sebelum kelompok memulai tugasnya, setiap siswa mendapatkan kancing-kancing tersebut. (d) Setiap kali siswa berbicara, dia harus menyerahkan kancingnya. (e) Jika kancing yang dimiliki sudah habis, dia tidak boleh berbicara lagi sehingga semua rekannya mendapat kesempatan untuk aktif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, metode struktural, teknik kancing gemerincing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 05:47
Last Modified: 28 Nov 2012 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21590

Actions (login required)

View Item View Item