Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Naratif Eksperiensial Siswa Kelas V Sdn Ngepungrojo 01 Pati Tahun 2012/2013

Kristanti, Erva Yulia (2012) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Naratif Eksperiensial Siswa Kelas V Sdn Ngepungrojo 01 Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
1.__HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
2._BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (BAB II)
3.__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (BAB III)
4.__BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (BAB IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (BAB V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
8.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran )
7.__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai bentuk kegiatan belajar mengkomunikasikan ilmu, dengan tujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa, meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa kelas V SDN Ngepungrojo 01 Pati. Dengan menerapkan metode Naratif Eksperiensial, suatu metode yang mengutamakan cerita. Jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian/evaluasi dan refleksi. Pengambilan datanya menggunakan lembar pengamatan keaktifan belajar siswa, kegiatan pembelajaran dengan metode naratif eksperiensial dan hasil belajar siswa. Analisis Data menggunakan Analisis Interaktif untuk kegiatan pembelajaran metode naratif eksperiensial dan Analisis Komparatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan untuk keaktifan belajar siswa dari Siklus I 63,63% dan Siklus II 100 % . Untuk prestasi belajar siswa Siklus I nilai rata-rata 82,5, Siklus II nilai rata-ratanya 89,3. Untuk ketuntasan belajar siswa Siklus I 82,5 % dan Siklus II 89,3%. Keaktifan belajar dan prestasi belajar serta ketuntasan belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II meningkat. Siswa dapat lancar dan runtut serta dapat menangkap pesan dalam bercerita dan dapat memenuhi indikator. Metode Naratif Eksperiensial terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar serta ketuntasan belajar siswa karena dapat merangsang imajinasi siswa, menyapa siswa secara menyeluruh, baik segi kognitif, afektif, dan psikomotorik bersifat menawarkan dan membebaskan , sehingga penelitian tindakan kelas dapat mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar, Ketuntasan Belajar, Naratif Eksperiensial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2012 14:51
Last Modified: 27 Nov 2012 14:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21583

Actions (login required)

View Item View Item