Peningkatan Hasil Belajar Matematikadengan Menggunakan Metode Cps (Creative Problem Solving) Pada Siswa Kelas V Sdn Kertomulyo 01 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

Suhartati, Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematikadengan Menggunakan Metode Cps (Creative Problem Solving) Pada Siswa Kelas V Sdn Kertomulyo 01 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan metode CPS(Creatve Problem Solving). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Kertomulyo 01 yang berjumlah 10 siswa.Sumberdata dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalahPenelitian TindakanKelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi,dan tes. Teknik uji Validitas data menggunakanbentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencaana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan perbaikan siklus berikutnya.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklusterdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar matematikasiswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapatdilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika yang meningkat dari siklus I pertemuan I dan pertemuan II serta siklus pertemuan I dan II. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar siswadalam pembelajaran matematika sebesar 50% atau 5siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 60% atau 6 siswa serta pada siklus II pertemuan I sebesar 70% atau 7 siswa, pada siklus II pertemuan II sebesar 8 % atau 8 siswa.Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Creative Problem Solving (CPS) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, metode Creative Problem Solving (CPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2012 13:20
Last Modified: 27 Nov 2012 13:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item