UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X.4 SMA Negeri 1 Tengaran)

WAHYUNI, TRI (2008) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X.4 SMA Negeri 1 Tengaran). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040180.pdf

Download (151kB)
[img] PDF
A410040180.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika yang dilihat dari aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar matematika yang didapat dari hasil nilai siswa dalam mengerjakan soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tengaran dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X.4 yang berjumlah 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi tes dan observasi, sedangkan metode bantu yaitu catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari: (1) tingkat aktivitas belajar siswa meliputi: a) bertanya hal yang belum jelas meningkat dari 18,9% menjadi 60,5%, b) mengerjakan latihan kedepan kelas meningkat dari 16,2% menjadi 52,6%, c) mengemukakan ide meningkat dari 13,5% menjadi 44,7%, d) mengerjakan PR dari 37,8 % menjadi 78,9%, (2) prestasi belajar matematika diperoleh dari hasil nilai siswa yang mendapatkan nilai ≥ 6,0 pada tiap putaran mengalami peningkatan yaitu pada putaran I mencapai 55,6 %, pada putaran II mencapai 78,8% dan pada putaran III mencapai 89,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi, aktivitas, pemecahan-masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2009 07:46
Last Modified: 17 Nov 2010 01:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item