Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Roll Playing Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013

Hariyanti, Hariyanti (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Roll Playing Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (727kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (378kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia melalui metode roll playing siswa kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dan dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka disimpulkan bahwa melalui metode roll playing dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pembelajaran yang meyakinkan, antara kondisi awal ke siklus I ada peningkatan sebesar 46,67% dari 6,67%. Pada saat pra tindakan motivasi belajar siswa rata-rata sebesar 51 nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 35, motivasi ketuntasan minimal adalah 70, anak yang motivasi belajarnya mendapat nilai di atas KKM ada 1 anak, yang mendapat nilai di bawah KKM ada 14 anak. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 58,3, nilai motivasi ketuntasan minimal adalah 70, anak yang motivasi belajarnya mendapat nilai di atas KKM ada 7 anak, yang mendapat nilai di bawah KKM ada 8 anak. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas 72,67, nilai motivasi ketuntasan minimal adalah 70, anak yang motivasi belajarnya mendapat nilai di atas KKM ada 14 anak, yang mendapat nilai di bawah KKM ada 1 anak. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa melalui metode roll playing dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri I Sumber Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, diterima kebenarannya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Metode Roll Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2012 08:11
Last Modified: 27 Nov 2012 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item View Item