Penggunaan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Nilai Tempat Di Kelas II Mi Tlawong Sawit Tahun Ajaran 2012/2013

Supatmo, Supatmo (2012) Penggunaan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Nilai Tempat Di Kelas II Mi Tlawong Sawit Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa pada materi nilai tempat melalui penggunaan media alat peraga. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas II yang berjumlah 14 siswa, dan guru sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari (1) sebelum dilakukan penelitian persentase ketuntasan belajar siswa 50% pada siklus I (71,43%) dan siklus II (100%). (2) termotivasi memperhatikan penjelasan guru di kelas sebelum dilakukan penelitian ada 10 siswa (71,49%) pada siklus I ada 12 siswa (85,71%) dan siklus II ada 13 siswa (92,86), termotivasi bertanya terhadap materi yang belum dipahami sebelum dilakukan penelitian ada 2 siswa (14,29%) pada siklus I ada 5 siswa (35,71%) dan siklus II ada 10 siswa (71,49%), termotivasi menjawab pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 1 siswa (9,09%) pada siklus I ada 7 siswa (50%) dan siklus II ada 11 siswa (78,57%), termotivasi mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan penelitian ada 11 siswa (78,57%) pada siklus I ada 12 siswa (85,71%) dan siklus II ada 14 siswa (100%), termotivasi mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan penelitian ada 3 siswa (21,43%) pada siklus I ada 7 siswa (50%) dan siklus II ada 10 siswa (71,49%). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunakan media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa pada materi nilai tempat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media alat peraga, hasil belajar dan motivasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 11:44
Last Modified: 26 Nov 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item