Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Angka Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Jomboran Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun 2012 / 2013

Wahyuni, Nur Eko (2012) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Angka Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Jomboran Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa kelas III SD Negeri 3 Jomboran Klaten. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 3 Jomboran Klaten dengan jumlah siswa 26 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan, peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 12 siswa, sedangkan yang belum memenuhi KKM sebanyak 14 siswa, dan pada siklus II siswa yang memenuhi KKM sebanyak 22 siswa, sedangkan siswa yang belum memenuhi KKM ada 4 siswa. menunjukkan hasil belajar matematika dengan perolehan nilai rata -rata 60,38 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 46,15%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 73,84 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 84,61 % . Dengan demikian melalui alat peraga kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumla han pada siswa kelas III SD Negeri 3 Jomboran klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Penjumlahan, Kartu Angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2012 11:42
Last Modified: 26 Nov 2012 12:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item View Item