Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis (Calis) Permulaan Melalui Media Kartu Gambar Dan Kata Kelompok B Di Tk Islam Bakti II Ngesrep Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Hasanah. , Hasanah (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis (Calis) Permulaan Melalui Media Kartu Gambar Dan Kata Kelompok B Di Tk Islam Bakti II Ngesrep Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img] PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi_ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis (Calis) permulaan pada anak didik kelompok B TK Islam Bakti II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali dengan menggunakan Media Kartu Gambar dan Kata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan tujuh kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Islam Bakti II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 20 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dengan komparatif. Sedangkan Validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis (Calis) permulaan pada anak didik kelompok B TK Islam Bakti II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan membaca dan menulis (Calis) permulaan anak yang pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak adalah sebesar 50%, siklus I sebesar 60,3%, siklus II sebesar 70,4%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80,3%. Dengan demikian, penggunaan media kartu gambar dan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan Calis permulaan pada anak didik kelompok B TK Islam Bakti II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca dan Menulis (Calis) Permulaan, Media Kartu Gambar dan Kartu Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 11:02
Last Modified: 26 Nov 2012 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item