Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelompok B Tk Kenanga 2 Lampar Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

SUMIYATI, SUMIYATI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelompok B Tk Kenanga 2 Lampar Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._Bab_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
05._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab III)
06._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
08._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Kenanga II Lampar Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penlitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK Kenanga II Lampar Musuk yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan berhitung anak, wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan anak dalam berhitung, dokumentasi dipergunakan untuk melihat keaktifan anak pada saat pembelajaran berhitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berhitung anak kelas B TK Kenanga II Lampar Musuk Tahun Pelajaran 2012/2013 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu anak yang mampu berhitung hanya 50,8% setelah dilakukan tindakan yang disepakati dengan menggunakan pembela jaran kontekstual pada proses pembelajaran berhitung anak diperoleh hasil yaitu siklus I mencapai 67,2% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%. Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Kenanga II Lampar Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013”, terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran kontekstual, kemampuan berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Nov 2012 10:44
Last Modified: 26 Nov 2012 10:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item View Item