Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT) Pada Siswa Kelas IV Di SD N I Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Narti, Narti (2012) Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT) Pada Siswa Kelas IV Di SD N I Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran cooperative tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SDN 1 Prambanan, Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa keals IV SDN 1 Prambanan. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Rancangan perbaikan pembelajaran ini berbentuk siklus – siklus yang seolah-olah merupakan daur ulang yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil pengamatan, pembelajaran model TGT sangatlah menyenangkan bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tiap – tiap siklus. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: pada pra siklus hanya terdapat 50 % siswa yang dapat mencapai KKM dan 50 % tidak dapat mencapai KKM, hal ini disebabkan Guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional misalnya metode ceramah yang penulis lakukan menjadi penyebab kurangnya perhatian siswa saat dilakukan pembelajaran. Pada siklus 1, penulis menggunakan model pembelajaran TGT , terdapat peningkatan yaitu 63 % siswa yang mencapai KKM dan 37 % siswa yang belum mencapai KKM; Hal ini disebabkan kurangnya tanggung jawab dan keseriusan siswa ketika berada dalam kelompok menyebabkan kelompok itu tidak dapat mengerjakan tugas dengan maksimal. Pada pada siklus 2 penbaikan berupa penambahan alat peraga sehingga hasilnya .meningkat menjadi 93 % siswa yang dapat mencapai KKM dan hanya 7 % siswa yang tidak mencapai KKM. Peningkatan ini disebabkan karena siswa mulai menyadari tanggung jawabnya ketika dalam suatu kelompok dan pengaruhnya bagi kelompok lain. Selain itu pembelajaran yang terjadi tampak lebin hidup karena terjalin komunikasi yang baik antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru serta siswa lebih fokus dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : “Penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA tentang benda dan sifatnya kelas IV SDN 1 Prambanan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 12:14
Last Modified: 23 Nov 2012 12:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item